Definisi Ekuitas

on Jumat, 27 April 2012
Ekuitas atau net asset adalah residual interest pada asset sebuah entitas yang masih tersisa setelah dikurangi kewajibannya. Ekuitas adalah hak kepemilikan.

 Ekuitas merupakan hak residual :
• Ekuitas sama dengan aktiva bersih,perbedaan antara aset perusahaan dengan kewajibannya
• Ekuitas bertambahnya atau berkurannya oleh kenaikan atau penurunan aktiva bersih dari sumber     nonpemilik serta investasi oleh dan distribusi kepada pemilik.

Investasi ekuitas umumnya berhubungan dengan pembelian dan menyimpan saham stok pada suatu pasar modal oleh individu dan dana dalam mengantisipasi pendapatan dari deviden dan keuntungan modal sebagaimana nilai saham meningkat. Hal tersebut juga kadang kadang berkaitan dengan akuisisi saham (kepemilikan) dengan turut serta dalam suatu perusahaan swasta (tidak tercatat di bursa) atau perusahaan baru ( suatu perusahaan sedang dibuat atau baru dibuat). Ketika investasi dilakukan pada perusahaan yang baru, hal itu disebut sebagai investasi modal ventura dan pada umumnya dimengerti mempunyai risiko lebih besar dari pada investasi situasi-situasi dimana saham tercatat di bursa dilakukan.(Wikipedia)

0 komentar:

Posting Komentar