MENYIAPKAN DANA PENSIUN

on Jumat, 27 April 2012
Pensiun adalah masa seseorang tidak lagi mendapatkan penghasilan. Karena merupakan sebuah kepastian, maka sudah sewajarnya setiap orang mempersiapkan diri untuk masuk ke fase pensiun dengan menyiapkan dana pensiun. Tentunya di luar fasilitas pensiun yang diberikan oleh perusahaan. Persiapan ini mencangkup berbagai bidang termasuk psikologis, Mental-spritual, kesehatan dan tentu saja financial. Dalam hal keuangan yang harus anda lakukan dalam memersiapkan pensiun adalah sebagai berikut :

1. Menyisihkan dana lebih awal (menabung) Untuk masa pensiun selama 25 tahun, paling tidak anda harus melakukan penyisihan dana untuk masa pensiun selama 25 tahun. Dengan memulai lebih awal, keperluaan dana untuk disisihkan tiap bulan atau tahun akan lebih sedikit. Sebaliknya jika jangka waktu mengumpulkan terlalu pendek maka dana yang harus disisihkan untuk mencapai jumlah dana yang sama akan jauh lebih mahal.

2. Menghitung dana yang diperlukan Langkah selanjutnya menghitung jumlah dana yang dibutuhkan. Hal ini diperlukan untuk menentukan berapa besar dana yang harus disishkan atau di investasikan tiap bulan. Dalam ini, anda perlu menentukan gaya hidup yang di inginkan pada saat pensiun nanti. Selanjutnya, hitunglah kebutuhan dana selama pensiun dan rencana investasi yang anda harus lakukan untuk mencapai dana yg di butuhkan pada saat masa pensiun nanti.

 3. Asuransi Proteksi diri dan keluarga anda dengan asuransi untuk kesehatan clan cacat. Jadi, ketika kita berusia 50-60 tahun kita akan mendapatkan sejumlah dana tunai yang cukup dan kita tidak perlu mengkhawatirkan masa pensiun kita.

 4. Usaha sampingan Selain menabung dan asuransi dana pensiun juga bisa diperoleh dengan membuka usaha sampingan. Membuka usaha sampingan bisa sangat menguntungkan. Dengan membuka usaha, bisa didapatkan hasil yang besar dalam tempo lebih cepat. Namun menjalankan usaha sampingan tentunya tak lepas dari resiko, terutama resiko keuangan, kemungkinan merugi selalu ada.

Sumber : http://www.scribd.com/doc/55076335/Makalah-Dana-Pensiun

1 komentar:

jauhari mk, MM mengatakan...

Artikel yang bagus, pensiun memang harus di siapkan secara matang dan sedari dini.
Membuka bisnis sendiri dan berhemat merupakan langkah yang tepat untuk menyiapkan dana pensiun.
Saya menulis artikel mengenai Big Picture Pensiun dan Cara Mempersiapkannya, semoga bisa menjadi tambahan masukan http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2012/06/tips-membuat-big-picture-pensiun-dan.html

Posting Komentar