Ruang Lingkup Bisnis

on Minggu, 17 Oktober 2010

Pengertian Bisnis
Dalam ilmu ekonomi bisnis adalah suatu tindakan atau usaha untuk menghasilkan keuntungan.Tetapi dalam bahasa Inggris bisnis di artikan sebagai urusan.Dan menurut saya bisnis merupakan suatu tindakan  sesuatu untuk menghasilkan keuntungan yang besar dengan modal yang sekecil mungkin.Sesuai dengan prinsip ekonomi yaitu pengorbanan tertentu untuk memperoleh semaksimal mungkin.karena di lihat dari sudut pandang ekonomi  bisnis itu merupakan bagian dari ekonomi.
Bisnis adalah salah satu bentuk bagian dari pemasaran, karena jika kita melakukan suatu pemasaran produk atau pemasaran lainnya kita akan berhadapan langsung dengan kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis sangat membantu usaha-usaha pemenuhan kebutuhan masyarakat oleh perusahaan. Bisnis meliputi semua aspek kegiatan untuk menyalurkan barang-barang melalui saluran pruduktif, dari membeli bahan mentah sampai menjual barang jadi. Pedagang yang khusus melakukan pembelian dan penjualan merupakan jalur penghubung antara produsen dengan konsumen dan membantu produsen mengatasi masalah-masalah pada saat mencari konsumen, serta pada saat pembeli mencari konsumen.
Pada dasarnya  kegiatan bisnis meliputi :
  • Perdagangan (melalui pedagang)
  • Pengangkutan (dengan alat-alat transport)
  • Penyimpanan (sampai barang terjual)
  • Pembelanjaan (melalui bank atau kreditur)
  • Pemberian informasi (dengan promosi)
*proses bisnis berawal dari konsumen sebagai faktor produksi dan berakhir pada konsumen       juga sebagai pembeli hasil produksi.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan bisnis:
·         Inflasi : adalah suatu kenaikan harga-harga barang dan jasa secara umum dalam perekonomian.
·         Prokduktivitas : adalah keluaran barang dan jasa per unit tenaga kerja.
·         Pengangguran : pada umumnya pemutusan hubungan kerja ini terjadi karena perusahaan tidak mampu lagi membayar mereka sebagai akibat turunnya penghasilan (dari penjualan)  secara drastis.
·         Tabungan dan Investasi : Jumlah yang diputuskan untuk di tabung akan menentukan kuat-lemahnya multiplier tersebut.Semakin banyak tabungan berarti semakin sedikit pengeluaran dan semakin lemah multiplier tersebut.Tetapi,tabungan itu juga menjadi sumber investasi modal dimasa mendatang.
·         Pemerintah : Melalui kebijakan “fiskal” atau “moneter” dapat mampengaruhi kegiatan bisnis.
ü  Kebijakan fiscal digunakan untuk mempengaruhi permintaan dengan meningkatkan pajak (mengurangi permintaan) atau mengurangi pengeluaran pemerintah (meningkatkan pemerintah).
ü  Kebijakaan moneter berkaitan dengan pengelolaan supply uang untuk meningkatkan atau menurunkan permintaan. Penggunaan kedua alat tersebut untuk mempengaruhi sistem bisnis telah meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar