Secara umum PEMASARAN adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa,menetapkan harga,mendistribusikan,serta mempromosikannya melalaui pertukaran agar mmuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Fungsi utama mengapa kegiatan pemasaran di lakukan:
1. Untuk memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan.
2. Untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen.
3. Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang.
Unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah:
1. Pemasar
2. Barang dan jasa
3. Pasar
4. Proses pertukaran
Fungsi pemasaran Universal:
Untuk melakukan pemasaran,pemasar perlu melakukan kegiatan-kegiatan fungsional.Fungsi-fungsi pemasaran tersebut adalah:
Pembelian,penjualan,pengiriman,penyimpanan,standardisasi dan klasifikasi,pembungkusan,penanggungan resiko,pendanaan,dan pengendalian informasi pemasaran (misal periklanan).
Konsep pemasaran:
· Konsep produksi : Pendekatannya pada efesiensi biaya
· Konsep produk : Menekankan pada kualitas barang
· Konsep penjualan : Usaha-usaha meningkatkan cara-cara penjualan dan kegiatan promosi yang intensif agar mempengaruhi konsumen untuk membeli.
· Konsep pemasaran : Berusaha untuk memberikan kepuasan pada pelanggan.
· Konsep pemasaran yang memasyarakat (sosial) : Yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
· Konsep pasar : Menekankan bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar.
Sumber : buku dasar pemasaran Universitas Gunadarma
0 komentar:
Posting Komentar